Sukiya Gyudon: Beef Bowl khas Jepang (Baywalk Mall Pluit)

Menu Sukiya Gyudon JakartaBelakangan di Instagram para foodies ramai dengan foto Gyudon / Beef Bowl ala Yoshinoya. Yang berbeda dengan Gyudon di Yoshinoya adalah adanya topping telur setengah matang di atasnya. Sebuah pengalaman yang selalu menyenangkan tatkala berusaha memecahkan telur setengah matang dan menyaksikan keluarnya lelehan kuning telur.

Adalah Sukiya Gyudon sebagai outlet restoran Gyudon yang ramai direkomendasi oleh para foodies di Instagram. Sukiya Gyudon sendiri layaknya Yoshinoya adalah restoran Gyudon yang sangat terkenal di Jepang. Sukiya memiliki hampir 2000 outlet resto di Jepang dan sebagian kecil di negara-negara lain. Di Indonesia sendiri, Sukiya Gyudon baru saja membuka outlet pertamanya di Baywalk Mall Pluit.

Sukiya Gyudon Baywalk Mall Outlet
Sorry for the half hearted photo taking

Sukiya Gyudon memiliki varian topping Gyudon yang lebih bervariasi dibandingkan Yoshinoya. Varian menu khas Sukiya diantaranya adalah Gyudon dengan topping half boiled egg / triple cheese / spring onion and egg. Untuk Chicken Bowl tersedia varian dengan saos mayonaise. Selain Beef dan Chicken Bowl, tersedia juga varian Chicken Curry Rice.

Harga untuk seporsi Gyudon porsi regular adalah IDR 26K. Untuk Gyudon dengan varian topping paling mahal seharga IDR 34K. Untuk menu set Gyudon + Beef Croquette + Miso Soup + Ocha / Soft Drink / Water seharga IDR 36K. Beef Croquette dapat digantikan dengan Chicken Karaage tetapi harga menu set nya menjadi IDR 41K.

Malam ini saya sendiri memesan Spring Onion and Half Boiled Egg Gyudon + Chicken Karaage Set. Sebenarnya saya bukan penggemar bawang mentah ataupun daun bawang. Akan tetapi, saya sangat senang dengan presentasi telor setengah matang di atas taburan daun bawang hijau. So instagenic… ^_^.

Sukiya Karaage Menu Set

Telur setengah matang disajikan dengan masih berada di dalam cangkang. Saat saya pegang ternyata terasa agak dingin. Sepertinya telur yang sudah setengah matang kemudian direndam dalam air es atau didinginkan terlebih dahulu. Hal ini sepertinya dimaksudkan agar pelanggan tidak kepanasan dan fungsi utamanya menjaga agar telur setengah matang tetap menyatu dan tidak mudah hancur saat dipecahkan. Rasa telur setelah keluar dari cangkangnya tetap terasa agak dingin.

DSC_1103
Before The Egg Breaking

Untuk rasa Chicken Karaage entah mengapa cenderung agak pahit. Saya tidak menikmati menu yang satu ini. Rasanya sangat jauh dibandingkan kualitas Karaage di Ikkousha atau Ikkudo. Miso Soup nya enak dan tidak kalah dengan Yoshinoya.

DSC_1106
The Slightly Bitter Karaage

Overall, nilai plus dari Sukiya adalah keberadaan telur setengah matangnya. Saat lelehan telur ini tercampur dengan daun bawang, daging, dan nasi, maka rasanya menjadi sangat enak. Akan tetapi, tanpa lelehan telur, saya pribadi lebih menyukai nasi dan rasa daging di Yoshinoya. Untuk ukuran penyajian kurang lebih sama dengan Yoshinoya. Namun, untuk ukuran jumbo sepertinya memiliki ukuran yang lebih besar.

The Perfect Half Boiled Egg

Pada kunjungan berikutnya, saya merencanakan untuk mencoba Teriyaki Chicken Mayo Bowl dan tentunya dengan topping telur setengah matang di atasnya. Harapan saya yang lainnya adalah tersedianya menu Butadon ^_^

SUKIYA GYUDON
Baywalk Mall 4th floor
Jl. Pluit Karang Ayu Utara
North Jakarta

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s