SONG FA Bak Kut Teh: Singapore Legend Since 1969 (PIK Jakarta Utara)

DSC_1074

Song Fa merupakan salah satu tempat makan Bak Kut Teh legendaris di Singapore (dekat Clarke Quay). Buat saya yang kelahiran Tanjung Pinang (Kepulauan Riau, sangat dekat dengan Singapore), Bak Kut Teh adalah makanan yang lazim saya nikmati. Namun, Bak Kut Teh Song Fa bisa dikatakan tidak terlalu lazim karena Song Fa menawarkan Bak Kut Teh dengan kuah bening, bukannya berwarna cokelat seperti teh.

Bak Kut Teh sendiri dapat diartikan sebagai “Daging Tulang Teh”. Bak Kut umumnya adalah iga babi dan teh yang dimaksud adalah kuahnya yang berwarna cokelat seperti teh. Kuah pada Bak Kut Teh merupakan kaldu babi dan umumnya memiliki rasa rempah-rempah / herbal, bawang putih, dan lada yang kuat.

Dalam resep tradisional, kuah Bak Kut Teh benar-benar menggunakan daun teh oolong dan campuran rempah dan obat herbal yang sangat banyak. Berbeda dengan Bak Kut Teh pada umumnya, Bak Kut Teh Song Fa dapat dideskripiskan sebagai kaldu babi dengan campuran bawang putih dan lada yang kuat.

Bak Kut Teh biasa menggunakan daging babi. Umumnya menggunakan iga babi, daging, hati, usus, ekor, atau pun jeroan lainnya. Bak Kut Teh dimakan bersama nasi putih hangat atau pun mee sua dan menggunakan cabe rawit potong dengan kecap asin sebagai penambah selera.

Campuran rasa pedas karena cabe rawit dipadankan kuah Bak Kut Teh panas yang spicy dan nasi putih hangat akan membuat lidah Anda meringis nikmat. Bak Kut Teh juga umum disajikan bersama Cakwe yang dapat dimakan langsung atau pun dicelup terlebih dulu ke kuah Bak Kut Teh.

Review kali ini baru saya buat setelah kunjungan saya yang kedua di Song Fa Bak Kut Teh PIK. Pertama kali datang, saya harus mengantri hampir satu setengah jam untuk mendapatkan meja. Untuk kali kedua ini saya dapat langsung masuk karena saya datang pada jam 3 sore. Meskipun demikian, hampir seluruh meja tetap sudah terisi oleh pelanggan.

DSC_1075

DSC_1076

DSC_0455

DSC_0464

Menu yang pernah saya coba adalah Pork Ribs Soup yang memiliki 2 ukuran yakni Small (IDR 68K) dengan 2 potong iga dan Large (IDR 88K) dengan 3 potong iga. Adapun, Anda dapat juga memesan menu ekor, ginjal, hati, usus dan daging babi untuk isian kaldunya.

Bak Kut Teh kemudian dinikmati dengan nasi putih atau pun Mee Sua. Mee Sua Song Fa sendiri menggunakan kaldu yang sama dengan kaldu Bak Kut. Baik nasi dan Mee Sua sama-sama enak dan dapat disesuaikan dengan selera Anda.

Song Fa juga menyediakan menu masak kecap seperti Pork Trotter (Kaki babi), usus babi, kaki ayam dengan kulit tahu, dna menu lainnya. Untuk pilihan menu sayuran di antaranya sayur asin, caixin, xiao bai cai, kai lan dll. Anda dapat juga memesan Cakwe dan kacang sebagai side dish. Menu di Song Fa hampir semuanya memiliki pilihan untuk porsi yang dihidangkan (small, medium, atau large).

Sup kaldu Song Fa memiliki rasa yang sangat kaya dengan dominan spicy yang berasal dari lada. Pada kunjungan kedua, sup yang disajikan terasa berkurang kelezatannya. Selain itu sup juga disajikan dalam keadaan agak kurang panas. Entah memang kebetulan terasa kurang memuaskan atau memang kualitasnya sudah diturunkan dibandingkan pada saat pertama kali opening.

Saya memesan porsi small dengan dua tulang iga berukuran sedang. Menurut saya, porsi small yang disajikan sudah cukup banyak dan mengenyangkan. Daging iganya empuk dan mudah dilepas dari tulangnya. Di Song Fa, Anda dapat meminta pelayan untuk refill sup panas Anda sepuasnya.

DSC_0467

Masakan kecap seperti Pork Trotter (Kaki Babi) dan Chicken Feet Mixed with Beancurd (Kaki Ayam dengan Kulit Tahu) memiliki rasa yang tidak terlalu kuat. Daging babi dimasak lama sehingga menjadi sangat empuk. Kaki ayamnya lumayan enak tapi ukurannya sangat besar sehingga menjadi agak keras. Sayur asin dan cakwe memiliki rasa yang standar dan tidak istimewa.

DSC_0468

DSC_1077

Bagi Anda yang belum pernah mencoba Bak Kut Teh atau tidak suka dengan bau rempah/herbal pada Bak Kut Teh sangat cocok menikmati Bak Kut Teh bening ala Song Fa. Bagi saya yang terbiasa dengan Bak Kut Teh, sebenarnya banyak kedai Bak Kut Teh ala Tanjung Pinang yang kelezatannya tidak kalah dengan Song Fa, dan tentunya dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Overall, Song Fa PIK memiliki tempat yang cozy untuk makan. Tetapi, apabila Anda duduk di meja outdoor, hati-hati dengan angin yang bertiup kencang. Keempukan daging dan rasa kaldu yang spicy merupakan nilai lebih dari Song Fa Bak Kut Teh. Adapun antrian tamu yang ingin mencoba Bak Kut Teh Song Fa saat ini sudah tidak seheboh pada saat masa-masa awal opening.

SONG FA Bak Kut Teh

Ozone Mall L01-5 & 5A (seberang RS PIK)

Pantai Indah Kapuk 3

Jakarta Utara

Telp: 021 2967 3670

Jam Operasional: 11.30 sd 21.30 WIB

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s