Mama Malaka: Cita Rasa Peranakan & Mural Khas Penang (Harmoni Exchange)

Tampak Depan Mama Malaka HXC

Liburan lebaran kemarin saya mengunjungi shopping mall baru di Harmoni, yaitu Harmoni Exchange atau disingkat HXC. HXC ini menjadi satu dengan hotel Harris Vertu dan Yello Hotel. Tenant-tenant di HXC tidak terlalu banyak dan salah satunya adalah Mama Malaka.

Sebenarnya tidak ada rencana khusus mengunjungi Mama Malaka. Kebetulan saja lihat ada tempat baru jadi sekalian saya coba. Mama Malaka sendiri ternyata sudah ada sepuluh outlet, tapi ini pertama kalinya saya makan disini. Adapun seperti nama restorannya, menu-menu yang ditawarkan disini adalah masakan-masakan khas peranakan.

Menu Special Promo Rp. 25.000

Saat saya datang, Mama Malaka sedang memberikan special promo menu dengan harga Rp. 25.000,- saja. Menu yang sedang promo berubah-ubah setiap harinya. Akan tetapi, promo ini baru bisa ditebus setelah minimum pembelanjaan Rp. 200.000,- (kalau tidak salah ^_^).

Mural Layaknya di Penang

Mural Layaknya di Penang

Setelah masuk, kita akan melihat gambar mural di tembok layaknya di Penang. Overall tempatnya nyaman, terutama area sofa di bawah mural. Selain itu, di bawah meja juga tersedia colokan. Jadi cocok juga buat Anda yang ingin nongkrong lama sambil bekerja atau main laptop.

Lantai Keramik Mozaik

Selain mural layaknya di penang, desain lainnya yang menarik adalah desain lantai mozaik dan ornamen seperti kandang burung yang digantung.

Berikut ini adalah review untuk menu-menu yang kami pesan.

Mama's Fish Cake - IDR 35K++
Mama’s Fish Cake – IDR 35K++

Fish cake-nya enak dan masih fresh. Tekstur fish cake-nya juga garing dan aromanya wangi. Sambalnya terasa sedikit pahit. Saya pribadi lebih menyukai sambal manis untuk fish cake yang digoreng. Tapi sama sekali tidak masalah karena fish cake nya tetap enak meskipun dimakan tanpa sambal. Rating 4/5.

Soup Seafood Tofu - IDR 72,5++
Soup Seafood Tofu – IDR 72,5++

Isian sop nya cukup lengkap variasinya. Saya menemukan udang, sotong, ikan dori, tofu, dan sayur asin di dalamnya. Kuahnya cenderung manis dari seafood dan semakin harum karena taburan bawang merah gorengnya. Tofunya lembut dan enak. Yang sedikit terasa kurang adalah sayur asinnya yang masih terlalu asin, sehingga terasa kontras dengan sup yang cenderung manis. Biasa sayur asin perlu dibilas dulu agar rasa asinnya agak berkurang. Rating 4,5/5.

Sambal Sotong - IDR 62K++
Sambal Sotong – IDR 62K++

Sotongnya empuk dengan sambal yang cenderung manis dan rasa bawang merah yang kuat. Saya pribadi lebih suka kalau sotongnya bisa dimasak sangat pedas. Namun, tekstur sotongnya yang empuk dan tidak alot merupakan nilai lebih untuk menu yang satu ini. Rating 3,5/5.

Mama's Special Fried Rice - IDR 50K++
Mama’s Special Fried Rice – IDR 50K++

Nasi  gorengnya memiliki rasa yang sangat tradisional. Rasa manis dari kecap, harumnya bawang putih, sedikit cabe tapi tidak pedas, kerenyahan bawang merah goreng, dan campuran telur dengan nasi. Overall rasa nasi gorengnya cenderung manis dan sangat familiar. Sayang untuk ayam goreng sereh-nya memiliki rasa yang plain. Rating 4/5.

Nasi Briyani - IDR 55K++
Nasi Briyani – IDR 55K++

Tekstur nasi briyani-nya pas, ringan di mulut tapi sama sekali tidak benyek. Rempah-rempah di nasi nya cukup banyak dan agak menganggu karena kamu bisa saja menggigit rempah-rempah seperti kayu manis dan kemiri. Toppingnya ada ayam kari, telur gulung, acar, dan emping. Ayam karinya enak, bumbunya tidak pedas dan lebih dominan rasa manis. Tetapi, sebenarnya saya sudah bisa terpuaskan cukup hanya dengan nasi briyani, topping bawang merah goreng, serta empingnya saja. Rating 4,5/5.

Ice Kacang - IDR 40K++
Ice Kacang – IDR 40K++

Untuk menu dessert, kami  memesan Ice Kacang. Isiannya ada agar-agar, kacang merah, jagung, dan kolang kaling. Sirup dan susunya sangat terasa. Sayang cincaunya sedang habis, sehingga porsinya jadi kebanyakan agar-agar. Selain itu, jagungnya juga terasa asin, agak aneh dipadu dengan sirup dan susu yang manis. Rating 3,5/5.

Masakan Khas Peranakan
Masakan Khas Peranakan

Overall makanan disini cukup banyak variasinya dan rasa semua makanan yang kita pesan juga enak dengan porsi yang memuaskan. Menu favorit saya adalah Nasi Briyani dengan tekstur dan aroma yang bikin nagih untuk makan terus. Menu favorit kedua adalah Soup Seafood Tofu dengan seafood yang segar dan tofu yang lembut.

Oya kedua kalinya saya datang lagi kesini agak kecewa dengan pelayanannya. Ada satu pelayan baru yang sepertinya tidak terlalu memperdulikan tamu. Saya harus beberapa kali meminta buku menu dan billing sampai akhirnya dibawakan.

  • Alamat: Harmonie Exchange Lantai 1, Jl. Hayam Wuruk VI, Hayam Wuruk, Jakarta.
  • Telp: 021-22035847
  • Jam Operasional: 10.00 – 22.00 (buka setiap hari).
  • Cost: IDR 100-150K per orang.

Jangan lupa follow instagram saya @kakefoodie, Thanks!

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s