Hunting Kuliner Bangkok Terenak Versi Mark Wiens

Top 9 Bangkok Foods by Mark Wiens

Wow gak berasa banget sekarang sudah bulan September. Sebenarnya sih saya ke Bangkok-nya di pertengahan bulan Juli. Tapi baru sekarang menulis cerita hunting kuliner saya selama di Bangkok.

Saya ke Bangkok sebenarnya dalam rangka perjalanan dinas kantor. Akan tetapi, saya sekalian extend untuk hunting kuliner-kuliner enak di Bangkok. Sebelum berangkat, saya sudah membuat daftar makanan enak di Bangkok yang ingin saya coba.

Referensi utama saya adalah blog dan video YouTube Mark Wiens. Mark Wiens sendiri adalah food blogger nomor satu di Thailand. Setiap minggunya saya selalu menyempatkan waktu untuk menonton video YouTube terbaru dari Mark Wiens. Berikut link yang saya jadikan referensi:

Transportasi utama saya selama di Bangkok adalah Grab dan jalan kaki. Kamu tidak perlu download aplikasi Grab lagi kalau kamu sudah install Grab di HP kamu. Interface aplikasinya akan langsung menyesuaikan dengan kondisi peta dan tarif di Bangkok. Semua lokasi yang saya kunjungi dapat dicari di aplikasi Grab maupun Google Maps.

Di postingan kali ini saya akan membuat kompilasi dan peringkat untuk rekomendasi makanan dari Mark Wiens yang sempat saya coba saat kunjungan saya di Bangkok.

9/ Khao Neow Dam Sang Kaya (ข้าวเหนียวดำสังขยา) / Black Sticky Rice with Custard – Silom Soi 20.

Alamat: Silom Soi 20 Morning Market. Jam Operasional: 06.00 – 09.00.

9. Khao Neow Dam Sang Kaya (ข้าวเหนียวดำสังขยา) / Black Sticky Rice with Custard - THB 20.
Khao Neow Dam Sang Kaya (ข้าวเหนียวดำสังขยา) / Black Sticky Rice with Custard – THB 20.

Sangat familiar untuk lidah Indonesia. Rasanya persis bubur ketan hitam dengan santan. Tapi dengan tambahan coconut custard yang mirip dengan selai srikaya di atasnya. Ada juga versi dengan ketan putih yang menurut saya lebih gurih dan cocok dengan coconut custard-nya. Rating 3/5.⁠⁠⁠⁠

Selain Khao Neow Dam Sang Kaya, makanan yang saya incar di Silom Soi 20 adalah Khao Mok Gai (Thai Biryani with Chicken) – 40 THB. Sayangnya saya terlambat dan sudah kehabisan. Padahal saat itu masih jam 9 kurang. Lokasinya ada di jalan raya, jadi tidak perlu masuk ke pasarnya.

Extra Silom Soi 20: Nasi Ayam Hainan / Khao Man Gai (ข้าวมันไก่) - THB 50
Extra Silom Soi 20: Nasi Ayam Hainan / Khao Man Gai (ข้าวมันไก่) – THB 50

Selain dua makanan di atas, kamu bisa juga coba Nasi Ayam Hainan / Khao Man Gai (ข้าวมันไก่) – THB 50. Daging ayamnya empuk dan juicy. Nasinya juga enak walau pun aroma dan rasanya gak sekuat nasi ayam di Singapore. Jeroan dan darahnya juga sama sekali gak ada bau atau rasa yang aneh. Rasa darahnya sih kayak lagi makan tahu aja. Posisi gerobaknya persis di samping 711 di dalam pasar. Rating 4/5.⁠⁠⁠⁠

Pilihan disini sangat banyak jadi kamu bisa makan sepuasnya. Tapi, kebanyakan penjual disini tidak bisa bahasa Inggris, jadi kamu harus menunjuk atau membawa tulisan/foto makanan yang kamu mau.

8/ Egg Noodle with Roasted Duck and Shrimp Wonton – Prachak Pet Yang (ร้านประจักษ์เป็ดย่าง).

Alamat: 1415 Thanon Charoen Krung, Silom, Bangrak. Jam Operasional: 07.00 – 22.30 (Buka Setiap Hari).

8. Egg Noodle with Roasted Duck and Shrimp Wonton - THB 90.
Egg Noodle with Roasted Duck and Shrimp Wonton – THB 90.

Salah satu tempat makan bebek Cantonese legendaris di Bangkok. Bebeknya empuk banget, sedikit asin, dengan saus yang cenderung manis. Egg noodle-nya enak, kecil, dan light pas dimakan. Chili flakes disini pedes banget. Rating 4/5.

Makan disini sih sebenarnya tidak direncanakan. Lokasinya dekat dengan Sirocco dan Sky Bar. Jadi, saat jalan kaki dari Sirocco menuju Asiatique kebetulan lewat dan penasaran dengan klaim bebek legendarisnya. Browsing sebentar dan ternyata memang sudah pernah direview oleh Mark Wiens di blognya.

7/ Superb Pad Thai Big Prawns – Pad Thai Thip Samai (Pad Thai Pratu Pi) ผัดไทยทิพย์สมัย (ผัดไทยประตูผี).

Alamat: 313 313 Thanon Mahachai, Phra Nakorn. Jam Operasional: 17.00 – 03.00 Buka Setiap Hari.

7. Superb Pad Thai Big Prawns - THB 200
Superb Pad Thai Big Prawns – THB 200

Pad Thai legendaris di Bangkok. Kalau kesini antriannya bakalan panjang banget dan hampir semuanya turis dari berbagai negara. Orang lokal Bangkok pasti tahu tempat ini. Tapi kalau ditanya apakah enak. Mereka akan jawab; “coba aja, ini paling terkenal sih”.

Menurut saya mienya enak tapi agak sedikit lembek dan cenderung menggumpal. Rasa bumbunya cenderung manis. Kamu bisa tambahin kacang, cuka, dan chili flakes untuk variasi rasa. Sayangnya chili flakes nya kurang pedas. Lapisan omelette-nya agak mengecewakan karena terlalu tipis. Udangnya besar dan segar banget. Lalapannya lengkap banget dikasih sepiring penuh. Ada tunas pisang juga yang ternyata lumayan enak. Overall rating 4/5.

Extra Thip Samai: Orange Juice - THB 85
Extra Thip Samai: Orange Juice – THB 85

Rasanya sangat manis dan menyegarkan. Entah jenis jeruk apa yang dipakai. Yang pasti belum pernah cobain jeruk seenak ini sebelumnya. Didalamnya juga berlimpah bulir2 jeruk dan potongan2 kecil daging jeruk. Menu wajib pesan kalau datang ke Thipsamai. Ada ukuran botol besar juga dengan harga THB 160. Rating 4,5/5.

6/ Pla Pao (ปลาเผา) / Thai Salt Crusted Grilled Fish – Khlong Lat Mayom Floating Market.

Alamat: Khlong Lat Mayom Floating Market / Talad Nam Khlong Lat Mayom (ตลาดน้ำคลองลัดมะยม). Jam Operasional: 09.00 – 16.00 (Buka di hari Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional saja).

6. Pla Pao (ปลาเผา) / Thai Salt Crusted Grilled Fish - THB 220
Pla Pao (ปลาเผา) / Thai Salt Crusted Grilled Fish – THB 220

Kalau kalian kesini pasti lihat banyak pengunjung yang memesan menu ikan dengan kotak ala pizza ini. Ikan ini dilapisi garam yang sangat banyak kemudian dipanggang. Hasilnya daging ikan yang sangat lembab dan empuk karena kadar air di dalam kulit terperangkap oleh lapisan garam. Rasanya enak dan empuk banget. Pokoknya ikan panggang paling enak yang pernah saya makan. Sayang sambalnya kurang sesuai selera saya. Rating 4,5/5.

5/ Tom Yum Goong Banglamphu (ร้านต้มยำกุ้งบางลำพู).

Alamat: Thanon Kraisi Talad Yawd Phra Nakhon (Google aja). Jam Operasional: 09.00 – 18.30 (Buka Setiap Hari).

5. Tom Yum Goong - 140 Baht
Tom Yum Goong – 140 Baht

Tom Yum Goong paling enak di Bangkok versi Mark Wiens. Kuahnya pure dari kaldu udang tanpa campuran butter atau santan/susu. Rasanya sangat gurih, asam, kaya sereh, dan pedas menyengat dari rawit.

Udangnya besar dan segar. Campuran lainnya ada banyak sekali sayur seperti rebung yang agak renyah dan sedikit jamur. Saya pribadi tidak terlalu menyukai rebung ini karena agak keras.

Overall wajib dicoba karena beda banget sama Tom Yum Goong pada umumnya. Sangat cocok buat kamu yang suka udang dan kuah Tom Yum yang creamy, asam, dan pedas. Rating 4,5/5.⁠⁠⁠⁠

Extra: The Legendary Uncle Chef who Cooks The Ultimate Tom Yum Goong
Extra: The Legendary Uncle Chef who Cooks The Ultimate Tom Yum Goong

4/ Boo Neem Pad Pongari (ปูนิ่มผัดผงกะหรี่) / Soft Shell Crab Curry – Soei Restaurant (ร้านเส่ย).

Alamat: Perempatan Phibun Whattana Yaek 6 dan Rama VI Soi 34, Moo Baan Piboon Whattana (Google Maps aja). Jam Operasional: 10.00 – 21.30 dari Minggu s/d Jumat (Sabtu libur).

4. Boo Neem Pad Pongari (ปูนิ่มผัดผงกะหรี่) / Soft Shell Crab Curry - THB 400
Boo Neem Pad Pongari (ปูนิ่มผัดผงกะหรี่) / Soft Shell Crab Curry – THB 400

Restoran di Bangkok yang membuat saya paling penasaran. Menurut Mark Wiens, Soei adalah restoran nomor satu di Bangkok. Selain itu, Soei juga pernah diliput di acara Bizzare Foods with Andrew Zimmern, acara kuliner populer di US.

Extra Soei: Featured on Bizzare Foods
Extra Soei: Featured on Bizzare Foods

Harganya cukup mahal dibandingkan makanan yang saya makan selama di Bangkok. Jadi, saya berharap banyak terhadap masakan disini. Salah satu menu favoritnya adalah Kari Kepiting Soka.

Kari Kepitingnya menurut saya tidak terlalu spesial tapi rasanya sangat rumahan. Rasa karinya sangat terasa, tidak manis, dan pedas dari potongan-potongan rawitnya. Sausnya creamy dengan campuran telur. Enak dimakan dengan nasi panas, apalagi kalau kegigit cabe rawitnya. Rating 4,5/5.

Extra Soei: Yam Kai Dao (ยำไข่ดาว), Thai Fried Egg Salad - THB 100
Extra Soei: Yam Kai Dao (ยำไข่ดาว), Thai Fried Egg Salad – THB 100

Selain Kari Kepiting Soka, kamu bisa pesan juga Fried Egg Salad-nya. Telurnya digoreng dengan sempurna. Kuning telurnya setengah matang dengan telur putih yang mengembang dan pinggiran telur yang crispy. Kemudian disiram dengan saus yang sangat asam, sepertinya dibuat dari kecap dan jeruk nipis. Toppingnya ada bawang putih mentah, cabe rawit, bawang merah, dan seledri. Telurnya enak tapi buat saya dressingnya terlalu asam. Rating 3,5/5.

Extra Soei: Ow-Tung (โอวทึ้ง) - THB 40
Extra Soei: Ow-Tung (โอวทึ้ง) – THB 40

⁠⁠⁠⁠Signature dessert di Soei Restaurant. Menu ini terbuat dari es parut dengan campuran kopi, susu, gula palem, dan biji selasih. Rasanya sangat mirip dengan es cincau hitam. Manis dan sangat menyegarkan. Rating 4/5.⁠⁠⁠⁠

3/ Kuay teow neau (ก๋วยเตี๋ยวเนื้อเปื่อยเส้นเล็ก) / Thai Beef Noodles – Wattana Panich Restaurant.

Alamat: 336-338 Ekkamai 18 Alley, Khwaeng Khlong Tan Nuea, Khet Watthana, Krung Thep Maha Nakhon 10110 (ที่อยู่ 336-338 ซอยเอกมัย 18 ถ.สุขุมวิท 63 (ซอยเอกมัย 18) คลองเตยเหนือ กรุงเทพ). Jam Operasional: 10.00 – 20.30 (Buka Setiap Hari).

3. Kuay teow neau (ก๋วยเตี๋ยวเนื้อเปื่อยเส้นเล็ก) / Thai Beef Noodles - THB 100
Kuay teow neau (ก๋วยเตี๋ยวเนื้อเปื่อยเส้นเล็ก) / Thai Beef Noodles – THB 100

Kamu bisa memesan kuay teow neau dengan 3 macam mie, yaitu “sen lek” (ukuran mie regular), “sen yai” (lebar seperti kwetiau, dan “sen mee” (mie kecil). Mienya pas banget teksturnya, masih agak firm.

Kuahnya berasa banget kaldu dari daging yang dimasak dengan api kecil di wajan besar depan restoran. Dagingnya empuk banget, baik yang dimasak di wajan atau lembaran daging sapi fresh yang baru dimasak saat kita pesan.

Terus wajib banget tambahin chili flakes sama chili vinegarnya. Rasanya jadi super gurih, dan asam pedas menyegarkan! Oya kuahnya mirip sama bakso kalau di Indonesia tapi yang ini super gurih dan chili vinegarnya enak banget. Rating 5/5.⁠⁠⁠⁠

Extra Wattana Panich: 40 Years Old Meat Jacuzzi
Extra Wattana Panich: 40 Years Old Meat Jacuzzi

2/ Kanyao Toorien & Monthong Toorien – Tor Kor Market / Or Tor Kor (ตลาด อตก).

Alamat: 101 Thanon Kampheng Phet, Chatuchak, Bangkok 10900 (เลขที่ 101 ถนนกำแพงเพชร แขวงจตุจักร เขตจตุจักร กรุงเทพมหานคร 10900). Jam Operasional: 08.30 – 17.00 (Buka Setiap Hari).

2. Kanyao Toorien - THB 100 per 100gr, Monthong Toorien - THB 80 per 100gr
Kanyao Toorien – THB 100 per 100gr, Monthong Toorien – THB 80 per 100gr

Satu biji (bukan satu buah) kurang lebih 200gr. Habis beli jadi kepikiran apa bener timbangannya. Terus apa bedanya sama beli yang satu pack seharga THB 200-300. Jadi merasa agak tertipu 😢😢. Untung dapat duriannya benar2 memuaskan 😁😁.

Kanyao adalah durian Thailand yang paling enak dan paling mahal. Rasanya lebih manis dan lebih creamy dari Monthong. Rasa alkoholnya juga terasa dan berimbang dengan rasa manisnya. Dagingnya juga tebal. Rating 5/5 (kalau memang kamu penggemar durian).

Monthong memiliki daging yang tidak se-creamy Kanyao. Dagingnya lebih banyak dengan lapisan luar yang sedikit tebal. Rasanya juga manis dengan aroma yang tidak setajam durian jenis lainnya. Rating 5/5 (kalau memang kamu penggemar durian).⁠⁠⁠⁠

1/ Goong Ob Woon Sen (กุ้งอบวุ้นเส้น) – Khlong Lat Mayom Floating Market.

Alamat: Khlong Lat Mayom Floating Market / Talad Nam Khlong Lat Mayom (ตลาดน้ำคลองลัดมะยม). Jam Operasional: 09.00 – 16.00 (Buka di hari Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional saja).

1. Goong ob woon sen (กุ้งอบวุ้นเส้น) - 150 Baht
Goong Ob Woon Sen (กุ้งอบวุ้นเส้น) – 150 Baht

Makanan paling favorit selama di Bangkok. Enak banget rasanya. Dominan banget rasa black pepper, bawang putih, sama jahenya. Mungkin ada pakai Sichuan Pepper juga sedikit. Terus kalau dikasih sambal hijaunya yg asam pedas dan garlicky bikin rasanya makin enak. Tekstur bihunnya juga firm dan gak lengket. Udangnya banyak banget dikasih 5-6 ekor. Segar banget dan masaknya gak overcooked. Pokoknya selalu rada ngiler tiap inget menu satu ini. Rating 5/5.

Extra: Ini Penampakan Abang yang Jual Goong Ob Woon Sen Enak
Extra: Ini Penampakan Abang yang Jual Goong Ob Woon Sen Enak
Extra: Seru Masak Goong Ob Woon Sen-nya
Extra: Seru Masak Goong Ob Woon Sen-nya
Extra: Entar Dimasukin Kotak Gini
Extra: Entar Dimasukin Kotak Gini

Oya sebenarnya ada beberapa tempat yang sudah masuk planning awal saya tapi gagal dikunjungi. Berikut beberapa kuliner Bangkok yang buat saya masih penasaran sampai sekarang:

  1. Khao Mok Gai (Thai Biryani with Chicken) di Silom Soi 20.
  2. Kuay Teow Tom Yum Goong Nam Khon (Tom Yum Noodle) di P’Aor Restaurant (ร้านพี่อ้อ). Alamat: 68/51 Soi Petchaburi 5, Between Soi 5 – 7, Phaya Thai, Ratchathewi, Bangkok.
  3. Pu Ob Woon Sen (ปูเนื้ออบวุ้นเส้น) dan Goong Ob Woon Sen (กุ้งอบวุ้นเส้น) di Somsak Pu Ob (สมศักดิ์ ปูอบ), Alamat: Thanon Charoen Rat Soi 1, Khlong San.
  4. Mont Nom Sod.

Selesai juga nulis posting ini. Mudah-mudahan enak dibaca walaupun isinya agak lebih panjang dari biasanya. Kalau ada info makanan enak bisa komen di blog atau instagram saya. Jangan lupa follow Instagram saya @kakefoodie. Jangan lupa share ke sosmed kamu atau ke teman-teman kamu kalau kamu suka sama posting ini. Terima kasih. Count The Memories, not The Calories!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s