Top 22 Rekomendasi Kuliner Medan Enak 2018

Kuliner Medan Enak.jpeg

Akhirnya tahun 2018 ini kesampaian juga menginjakkan kaki di kota Medan. Sebelumnya selalu penasaran dengan kuliner di kota Medan yang katanya sangat enak. Jadilah di liburan lebaran tahun ini aku bela-belain ke kota Medan. Ternyata liburan lebaran agak kurang tepat untuk traveling ke Medan karena beberapa tempat kuliner di Medan ternyata tutup selama bulan Puasa. Selain itu, tujuan wisata di Medan juga akan padat pengunjung.

Dari wisata kuliner aku di Medan, berikut Top 22 Rekomendasi Kuliner Medan Enak 2018 yang aku rekomendasikan. Oya peringkat ini menurut selera aku pribadi yah. Penilaian didasarkan pada rasa dan kualitas, kemudian diikuti keunikan rasa atau jenis kuliner-nya sendiri. Pada dasarnya peringkat ini gak berarti apa-apa karena balik lagi ke selera pribadi. Yang pasti semua tempat makan berikut adalah tempat-tempat favorit di Medan.

1. Chasio Afuk

Chasio Afuk.jpeg

Chasio di Medan adalah yang terenak yang pernah aku makan. Rasa karamel madunya membuat chasio menjadi sedikit lengket dan garing di bagian luar. Siobak atau babi garing-nya juga juara banget. Rasanya enak dan kulitnya super crispy. Harga IDR 46K, Rating 5/5.

2. Bakmi Tiongsim

Mie Pangsit Tiong Sim.jpeg

Setahu saya Tiongsim/Congsim adalah sebutan untuk jenis mie yang kecil tapi teksturnya masih kenyal dan firm seperti kebanyakan ramen Jepang. Salah satu rumah makan bakmi tiongsim yang legendaris adalah Pangsit Tiong Sim di jalan Selat Panjang.

Kalau mau makan disini harus menunggu agak lama karena kondisi rumah makannya selalu rame, apalagi di malam hari. Bahan yang digunakan disini terasa sangat fresh dan kualitasnya baik. Selain mie-nya yang sudah pasti enak, pangsit disini juga yang terenak menurut aku. Bentuknya kotak dengan filling daging yang padat dan enak. Harga IDR 42K, Rating 5/5.

3. Bihun Bebek Asie Kumango

Bihun Bebek Asie Kumango.jpeg

Kalau kamu pernah menonton YouTube The Food Ranger saat berkunjung ke Medan, kamu akan super penasaran dengan bihun bebek satu ini karena sang penjual dengan sangat percaya diri berani mengklaim bahwa bihun bebek-nya adalah yang terbaik di dunia!

Yang pasti sih ini adalah bihun bebek termahal yang pernah aku makan. Tetapi untungnya bihun bebek ini juga adalah bihun bebek terenak yang pernah aku makan. Daging bebeknya empuk, juicy, dan porsinya sangat banyak. Tekstur bihunnya light dan enak saat dikunyah. Kaldunya sangat enak tapi agak sedikit keasinan. Untuk sambelnya lebih cocok sebagai cocolan daging saja dan jangan dicampur ke bihun.

Walaupun ada beberapa aspek yang kurang pas, tapi bihun dan bebeknya belum ada lawan. Oya porsi regular saja sudah banyak banget bihun dan bebeknya. Harga IDR 70K (Porsi Jumbo – IDR 140K). Rating 5/5.

4. Si Bolang Durian

Si Bolang Durian

Sebenarnya di Medan ada dua tempat makan durian yang terkenal, yaitu Ucok Durian dan Si Bolang Durian. Kedua tempat ini sudah saya coba dan saya agak kecewa dengan Ucok Durian karena kualitas durian yang saya dapat kurang enak. Sedangkan Si Bolang Durian menawarkan kualitas durian yang dijamin selalu manis dan tempat yang lebih nyaman. Tentunya diikuti juga dengan harga yang lebih mahal dari Ucok Durian.

Sebenarnya sih menurut saya harganya agak overpriced. Tapi saya sangat suka dengan kualitas durian di Si Bolang. Teksturnya legit dan creamy banget. Rasanya super manis dengan sedikit rasa alkohol. Satu buah yang kecil kurang lebih beratnya 1,2-1,4 kilogram. Harga IDR 125K per Kilogram, Rating 5/5.

5. Chasio Asan

Chasio Asan.jpeg

Selain Chasio Afuk, kamu juga bisa cobain Chasio Asan yang gak kalah enaknya. Katanya sih Chasio Asan dan Chasio Afuk ini masih sodaraan. Chasio-nya super enak dan mirip banget sama Chasio Afuk. Rasanya manis dan teksturnya sedikit garing. Siobak disini juga enak dan garing banget. Tapi, kalau untuk daging dan sausnya sih aku rasa Afuk sedikit lebih baik (tipis banget bedanya). Tapi kalau untuk porsi sih lebih banyak di Chasio Asan. Harga IDR 46K, Rating 4,75/5.

6. Mie Pangsit Akun

Mie Pangsit Akun.jpg

Mienya agak becek dengan kaldu yang gurih dan creamy. Rasanya agak-agak mirip sama boat noodle Thailand. Overall rasanya cenderung manis dan dagingnya juga empuk. Wajar kalau mie pangsit Akun selalu rame. Rasanya juga unik dan berbeda dengan mie pangsit lainnya. Harga IDR 17K (porsi kecil seperti di foto) / IDR 20K (porsi regular), Rating 4,5/5.

7. Kari RM Tabona

Kari Tabona.jpeg

Kemarin pas ke Medan sebenarnya gak kesampaian makan Kari Tabona ini, karena sudah libur seminggu sebelum lebaran. Jadi foto dan review saya ini berdasarkan cabang Kari Tabona yang ada di Jakarta saja yah. Rasa karinya sangat aromatik, sedikit pedas, dan agak creamy. Daging ayamnya lembut dan juicy. Kentangnya juga lembut dan rasanya semakin creamy dengan tambahan telur rebus. Oya kamu bisa pesen nasi atau bihun untuk padanan karinya. Selain ayam, kamu juga bisa pesan versi dengan daging sapi juga. Rating 4,5/5.

8. Choco Avo Le Chic

Avo Choco
Picture: Instagram @castro_erwin

Tadinya gada rencana untuk mampir ke Le Chic. Tapi karena kebetulan lewat jadi sekalian mampir untuk minum kopi. Sayangnya disini gak ada kopi. Tapi untungnya ternyata Choco Avo disini enak banget. Layer mousse-nya ada yang chocolate dan avocado/alpukat. Rasa dan aroma alpukatnya kuat dan enak banget. Rating 4,5/5.

9. Bakmi Hock Seng

Bakmi Hock Seng.jpeg

Pilihan bakmi disini ada yang regular dan ada yang special dengan extra kepiting. Kepitingnya sudah dalam bentuk nugget bagian capit sehingga tidak perlu dikupas lagi. Untuk kepiting, aku dapat 3 nugget dan daging kepitingnya sangat segar dan manis. Mie yang digunakan adalah mie kuning dengan tekstur yang lebih lembut dibandingkan mie kuning kebanyakan. Toppingnya rame mulai dari udang, bakso ikan, bakso udang, telur kecap, dan kaki babi kecap juga. Oya kuah kaldu dan sambelnya juga enak. Harga IDR 70K, Rating 4,5/5.

10. Ondo Grill

Ondo Grill - Kulit Babi Crispy.jpeg

Ondo Grill ini adalah rumah makan yang khusus menyediakan makanan khas Batak tapi owner-nya sendiri adalah orang Korea. Jadi jangan heran kalau mereka mempunyai menu seperti Kalbi/Iga Panggang. Kalbi Panggang ini adalah salah satu menu favorit di Ondo Grill. Tapi aku sih paling suka Babi Goreng dan Kulit Gorengnya. Teksturnya super crispy dan bumbunya gurih banget. Pokoknya wajib pesan kalau kamu kesini. Harga Kalbi Panggang – IDR 68K, Kulit Goreng – IDR 30K. Overall Rating 4,5/5.

11. Hokkien Mie Lebong

Hokkien Mie Lebong.jpeg

Topping-nya rame banget mulai dari udang, bakso udang, hekeng, bakso ikan, telur, dan capit kepiting kecil. Bakso udangnya sih yang paling enak. Wajib juga minta Bak Yu Phok (lemak babi goreng) karena Bak Yu Phok-nya sangat enak. Tekstur mienya firm dan smooth tapi gak tahu kenapa mie-nya putus-putus gitu. Oya minta juga sambel ijo untuk mie dan sambel merah buat cocolan topping-nya. Harga IDR 40K/45K, Rating 4/5.

12. Mie Pangsit Awai

Mie Pangsit Awai.jpeg

Tekstur mie di Mie Pangsit Awai lebih kenyal dibandingkan dengan Mie Pangsit Akun. Dagingnya lembut banget dan rasanya lebih natural (tidak tertutupi minyak/bumbu yang kuat). Jangan lupa tambahin bak yu phok supaya makin mantap makannya. Sambel dan kaldu disini juga enak dan cocok dengan mienya. Harga IDR 20K (porsi kecil seperti di foto) / IDR 24K (porsi regular), Rating 4/5.

13. Mini Tart Tip Top

Tip Top - Mini Tart.jpeg

Tip Top ini adalah restoran legendaris di Medan. Selain restoran, Tip Top juga terkenal dengan cake tart-nya. Kata pelayan disini yang paling favorit adalah rasa Black Forest / Irish Chocolate dan Mocha Tart. Bolu di Tip Top masih dipanggang dengan tungku batu yang menggunakan kayu bakar. Tekstur bolunya jadi agak sedikit kering tapi aromanya smoky.

Ada orang yang suka banget sama bolu disini dan ada juga yang merasa terlalu kering. Aku sih kebetulan masuk ke golongan yang suka banget. Favorit aku yang rasa Black Forest. Meses dan krim butter-nya enak terus di lapisan bolunya juga ada potongan buah kering. Buat yang gak terlalu suka manis mungkin lebih cocok dengan yang rasa mocha. Harga IDR 7,5K, Rating 4/5.

14. Kwetiau Ateng

Kwetiau Ateng.jpeg

Kwetiau disini tipikal kwetiau beras yang lembut dan tebal. Aku pribadi sih memang lebih suka tipe kwetiau yang tebal dibandingkan kwetiau yang kenyal. Porsi kwetiaunya lumayan banyak dan toppingnya ada chasio, udang, lap chiong, bakso ikan, sayur, dan telur. Nama Kwetiau Ateng sebenarnya sering saya dengar dari teman-teman sehingga ekspekstasi saya agak tinggi. Tapi jujur saja rasanya enak saja tapi gak sampai enak banget. Harga IDR 38K, Rating 4/5.

15. Bihun Bebek Kalimantan Mas

Bihun Bebek Kalimantan Mas.jpg

Rasa kuahnya agak manis, sepertinya karena ada tambahan kecap manis sehingga warnanya terlihat agak gelap. Buat kamu yang gak suka kuah herbal di bihun bebak pasti akan lebih cocok dengan kuah bihun bebek Kalimantan Mas. Tekstur bihunnya smooth dan daging bebeknya juga empuk dan sama sekali tidak berbau. Sambalnya juga cocok dengan kuah dan bebeknya. Harga IDR 45K, Rating 4/5.

16. Sate Padang Jalan Kalimantan

Sate Padang Jalan Kalimantan.jpeg

Pilihan satenya banyak mulai dari sate ayam, sapi, kambing, kerang, usus, lidah, dan mungkin masih ada pilihan lain lagi. Kamu juga bisa pesan campur semua jenis daging. Daging satenya empuk dan tidak berbau. Saus padang di Medan agak unik karena menggunakan kombinasi saus padang yang gurih pedas dengan saus kacang yang lebih manis. Harga IDR 33K, Rating 4/5.

17. Sate Kacang Yose Rizal

Sate Kacang Yose Rizal.jpeg

Lokasi sate ini ada di depan Kopitiam 101 Jalan Yose Rizal dan baru buka jam 5 sore. Selain sate kacang, di Jalan Yose Rizal juga ada Laksa dan Popiah yang terkenal. Pilihan satenya ada ayam atau babi. Kalau mau minta campur juga boleh. Saus kacangnya unik dan rasa manisnya berbeda dengan sate kebanyakan. Rasa manisnya seperti manis dari buah. Lontongnya juga enak dan unik karena memiliki tekstur yang agak kenyal. Harga IDR 36K, Rating 4/5.

18. Rumah Makan Purnama

RM Purnama - Ikan Nano Nano.jpeg

Rumah makan ini punya signature menu yang unik seperti Ikan Nano Nano dan Tahu Ebi. Seperti namanya, rasa ikannya campuran asin asem manis. Ikannya fresh dan digoreng kering sehingga agak renyah. Toppingnya dengan kecomblang yang membuat menu ini terlihat sangat berwarna. Tahunya juga enak dengan teksur tahu yang lembut dan topping ebi yang enak. Overall Rating 4/5.

19. Restoran Garuda

http://www.restorangaruda.com/

Picture: http://www.restorangaruda.com/

RM Garuda ini sebenarnya banyak juga di Jakarta. Tapi, katanya di Medan sini lebih enak. Kalau menurut aku sih gak terlalu berbeda dan dimana pun rasanya selalu enak. Alasan kenapa posisinya ada di bawah hanya karena Restoran Garuda ini mudah ditemukan kota lain jadi tidak ada alasan kuat untuk bela-belain ke Medan demi makan di Restoran Garuda. Rating 4/5.

20. Tok Tok Asek

Tok Tok Asek.jpeg

Setelah sampai Medan baru kenal ada makanan yang namanya Tok Tok. Isinya sih ada usus babi, kulit babi, darah, bakwan, tahu goreng, kangkung, tauge, dan kerupuk udang. Sekilas mirip dengan Heci tapi kuah Tok Tok rasanya dominan manis. Kamu bisa juga minta sambel ijo untuk tambahan rasa pedas. Oya semua jeroannya sama sekali tidak berbau. Rating 3,5/5.

21. Martabak Piring Murni

Martabak Piring Murni.jpeg

Menu unik yang setahu saya baru ada di kota Medan saja. Pilihan topping martabaknya hanya ada tiga yaitu kacang, cokelat, keju, serta kombinasi dari ketiga topping tersebut. Untuk pilihan martabaknya bisa tipis atau tebal. Hampir semua orang selalu pesan yang tipis garing. Tapi aku pribadi lebih suka yang tebal karena martabak dan toppingnya lebih terasa. Harusnya bisa makin enak kalau ada topping modern seperti Nutella atau Ovomaltine. Harga berkisar IDR 5-7K, Rating 3,5/5.

22. Indomigiri K3 Mart

Onigiri Indomie.jpg

Kebetulan pas aku tiba di Medan, hari itu sedang viral Onigiri dengan Indomie yang dikreasikan oleh K3 Mart di Instagram. K3 Mart sendiri adalah mini market dan kafe yang mirip dengan Seven Eleven. Rasa Indomigiri mengingatkan dengan bekal zaman sekolah dulu dimana Indomienya sudah dingin dan berbentuk box kotak bekal. Di dalam Indomigiri-nya diselipkan juga 2 potong cabe rawit yang menurut aku adalah tambahan yang baik. Harga IDR 10,9K, Rating 3,5/5.

Selesai juga Top 22 Rekomendasi Kuliner Medan Enak 2018 versi @kakefoodie. Komen yah kalau ada kuliner medan enak lainnya yang belum aku cobain. Jangan lupa follow juga Instagram @kakefoodie untuk review-review makanan enak lainnya!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s