Chung Gi Wa: Authentic Korean BBQ Restaurant (Puri Indah Mall)

DSC_0757Chung Gi Wa baru saja membuka cabang terbarunya di Puri Indah Mall. Lokasinya di area expansion lantai 2 Puri Indah Mall yang baru selesai dibangun tahun ini. Chung Gi Wa sebelumnya sudah memiliki cabang-cabang di Dharmawangsa Kebayoran Lama, Lotte Mart Kelapa Gading, dan Gandaria City.

Saya pertama kali menikmati Korean BBQ ala Chung Gi Wa di cabang Dharmawangsa. Makanan di cabang Dharmawangsa konon memiliki kualitas penyajian yang lebih konsisten dibanding cabang-cabang lainnya. Cabang Dharmawangsa setiap hari selalu penuh dikunjungi pelanggan, meskipun kapasitas tempatnya cukup luas. Kelebihan lainnya adalah cabang Dharmawangsa memiliki area dudukan tatami bagi tamu yang lebih suka duduk lesehan.

Secara luas restoran, cabang Puri Indah Mall sepertinya memiliki kapasitas yang sedikit lebih kecil dibandingkan cabang Dharmawangsa. Pada saat saya datang, terlihat kerumunan orang yang sedang menunggu untuk mendaftarkan diri pada waiting list. Kurang lebih setengah jam kemudian akhirnya saya mendapatkan kesempatan untuk duduk.

Selama menunggu, saya iseng untuk mencoba Hot Star Large Fried Chicken (IDR 40.000) yang dijual pada outlet depan restoran Chung Gi Wa. Pelanggan bisa memilih varian original, black pepper, dan BBQ. Apabila memilih black pepper dan BBQ, maka potongan ayam akan diolesi saus basah. Saus ini agak menganggu karena membuat kantong kertas menjadi basah dan kemudian menempel pada ayam. Berbeda dengan Shihlin yang penyajiannya dipotong-potong, maka Hot Star menyajikan ayamnya dalam keadaan utuh, bahkan masih ada sedikit tulang ayam di ujungnya. Secara pribadi, saya lebih menyukai Shihlin Fried Chicken baik dalam rasa maupun harga yang masih lebih murah.

DSC_0760

Pada saat tamu duduk, maka pelayan akan langsung menyajikan aneka varian kimchi dan kacang sebagai menu complimentary. Untuk minum juga langsung mendapat ocha dingin atau panas yang juga merupakan menu complimentary (cuma-cuma ^_^). Yang lebih istimewa lagi, pelanggan boleh meminta free refill sepuasnya untuk kimchi dan ocha ini.

DSC_0761

Hal paling menyenangkan dari makan BBQ di Chung Gi Wa adalah harganya yang tergolong lebih murah dibandingkan rumah makan korean BBQ lainnya. Meskipun demikian, daging yang disajikan memiliki mutu yang baik dan kualitas daging yang fresh. Selain itu tersedia juga daging pork yang harganya memang lebih terjangkau daripada daging sapi.

Untuk daging, saya memesan pork tenderloin, bagian perut atau leher babi (saya lupa…), dan bagian iga sapi manis boneless (Mokdengsim, Samgyopsal, dan Yang Yum Gui adalah nama di buku menunya). Untuk daging yang saya pesan, kisaran harganya IDR 69.000 s/d 78.000 per porsinya. Tambahan lainnya adalah Jap Chae (IDR 85.000), mie goreng bening khas korea yang mirip-mirip bihun medan, dan semangkok Galbi Tang (IDR 65.000) atau sop iga sapi

. DSC_0764

DSC_0766

Setiap meja di Chung Gi Wa dilengkapi dengan Grill yang sumber panasnya berasal dari arang dan dilengkapi juga dengan pipa ventilator atau cerobong untuk menyedot asap dari pembakaran. Untuk proses memanggang daging akan dilakukan oleh pelayan restoran sehingga pelanggan tinggal menikmati daging yang sudah matang.

Untuk menikmati daging ala korea, Anda bisa meminta set sayur-sayuran (terdiri dari sawi putih, selada, bawang putih mentah, dan sejenis sayur hijau yang tidak saya tahu) untuk membungkus daging BBQ yang telah matang. Daging dimasukkan ke dalam selembar sayur, kemudian dapat ditambahkan siung bawang putih, ditambahkan sedikit minyak bawang, cabe pasta, dan bubuk kacang (sepertinya) sebagai bumbu sesuai selera Anda. Sayur kemudian dibungkus dan dimakan langsung dengan menggunakan tangan.

Rasa dan kualitas daging sangat memuaskan. Demikian juga untuk kesegaran sayur dan rasa Kimchi yang disajikan. Iga pada Galbi Tang juga memiliki kualitas daging yang baik. Untuk rasa sup nya tidak berbeda jauh seperti sop iga pada umumnya. Untuk Jap Chae, rasanya seperti mie atau bihun goreng yang agak kenyal dan diberi potongan daging yang cukup banyak. Banyak yang bilang Jap Chae di Chung Gi Wa adalah yang paling enak di Jakarta. Tetapi, bagi saya pribadi, saya lebih menikmati kekenyalan Jap Chae di Hang Gang Restaurant.

Dengan adanya cabang Puri Indah Mall, sekarang saya tidak perlu lagi jauh-jauh ke Dharmawangsa apabila sedang ingin makan di Chung Gi Wa. Akan tetapi, untuk interior dan ambience, cabang Dharmawangsa lebih terasa Korea-nya. Di Chung Gi Wa, Anda akan sering bertemu dengan orang Korea asli yang sepertinya adalah superior ataupun manager dari restoran. Semua orang Korea ini sangat ramah dan sigap saat Anda terlihat membutuhkan sesuatu, meskipun bahasa Indonesia yang mereka ucapkan sangat kacau.

Chung Gi Wa

Puri Indah Mall Expansion Lt. 2 Unit E 202 B

Jl. Puri Agung, Puri Indah, Jakarta Barat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s